Masa Depan Java EE (Dari Risalah Rapat JCP EC)
Posted on

Jika Anda mengikuti berita terkait Java EE selama beberapa bulan terakhir, Anda akan tahu bahwa Oracle mengurangi sejumlah karyawan Java Evangelist-nya; yang lain seperti Reza Rahman tampaknya telah pergi atas kemauannya sendiri; dan ada kekhawatiran umum bahwa Oracle tampaknya memperlambat input pada Java EE JSR. Rahman telah membentuk sebuah kelompok yang disebut Java EE Guardians untuk mendorong kegiatan masyarakat guna mendukung pengembangan Java EE dan EE JSR di masa depan.

Jika Anda ingin lebih banyak pandangan dari dalam ke dalam apa yang terjadi, ada beberapa bacaan menarik dalam bentuk Komite Eksekutif JCP risalah rapat yang merupakan catatan publik. Risalah untuk Juni 2016 dan Mei 2016 keduanya memiliki item agenda untuk membahas masa depan Java EE. Risalah dari pertemuan Mei sangat menarik, termasuk komentar seperti: “… kekhawatiran bahwa Oracle, meskipun perannya sebagai pelayan Jawa, belum membuat pernyataan publik atau penjelasan atas kurangnya aktivitas yang terlihat pada Java EE “… dan rekaman pernyataan kepada Oracle dari Komite Eksekutif JCP secara resmi menyuarakan keprihatinan mereka:” Anggota Komisi Eropa menyatakan keprihatinan serius mereka tentang kurangnya kemajuan di Java EE. Mereka percaya bahwa Java EE sangat penting bagi ekosistem Jawa dan bagi organisasi dan pelanggan mereka.

Mereka sepenuhnya menerima hak Oracle untuk mengarahkan investasinya ke tempat yang diinginkan, tetapi menyatakan harapan bahwa mereka dan anggota komunitas Java lainnya diizinkan untuk turun tangan dan membantu pengembangan platform yang sedang berlangsung, khususnya di area di mana Oracle ingin mengurangi investasi. Karena itu mereka meminta dialog dengan Oracle tentang bagaimana melakukan transisi semacam itu. ”Kekhawatiran lain yang dicatat dalam risalah adalah bahwa Oracle memegang hak IP untuk sebagian besar JSR yang sedang berlangsung, dan menyerahkan tanggung jawab kepada pihak lain memerlukan keterlibatan Oracle untuk meneruskan kepemilikan IP ini … sesuatu yang mungkin mereka setujui, atau mungkin tidak. Catatan menit dari April 2016: “Martijn Verburg melaporkan atas nama London Java Community bahwa sekarang tampak jelas bahwa sedikit jika ada kemajuan yang dibuat pada Java EE JSRs yang dipimpin Oracle. (Beberapa Oracle Spec Leads telah mengakui secara terbuka bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu untuk JSR mereka, setelah diarahkan untuk bekerja di tempat lain.) Dia memperkirakan bahwa pekerjaan pada Java EE tampaknya telah berhenti sekitar bulan November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8.

Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? dan menyerahkan tanggung jawab kepada pihak lain memerlukan keterlibatan Oracle untuk meneruskan kepemilikan IP ini … sesuatu yang mungkin mereka setujui, atau mungkin tidak. Menit dari catatan April 2016: “Martijn Verburg melaporkan atas nama Komunitas Jawa London yang sekarang tampak jelas bahwa sedikit jika ada kemajuan yang dibuat pada Java EE JSRs yang dipimpin Oracle. (Beberapa Oracle Spec Leads telah mengakui secara terbuka bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu untuk JSR mereka, setelah diarahkan untuk bekerja di tempat lain.) Dia memperkirakan bahwa pekerjaan pada Java EE tampaknya telah berhenti sekitar bulan November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? dan menyerahkan tanggung jawab kepada pihak lain membutuhkan keterlibatan Oracle untuk meneruskan kepemilikan IP ini … sesuatu yang mungkin mereka setujui, atau mungkin tidak. Menit dari catatan April 2016: “Martijn Verburg melaporkan atas nama Komunitas Jawa London yang sekarang tampak jelas bahwa sedikit jika ada kemajuan yang dibuat pada Java EE JSRs yang dipimpin Oracle. (Beberapa Oracle Spec Leads telah mengakui secara terbuka bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu untuk JSR mereka, setelah diarahkan untuk bekerja di tempat lain.) Dia memperkirakan bahwa pekerjaan pada Java EE tampaknya telah berhenti sekitar bulan November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? “Martijn Verburg melaporkan atas nama Komunitas Java London bahwa sekarang tampak jelas bahwa sedikit jika ada kemajuan yang dibuat pada Java EE JSRs yang dipimpin Oracle. (Beberapa Oracle Spec Leads telah mengakui secara terbuka bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu untuk JSR mereka, setelah diarahkan untuk bekerja di tempat lain.)

Dia memperkirakan bahwa pekerjaan pada Java EE tampaknya telah berhenti sekitar bulan November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? “Martijn Verburg melaporkan atas nama Komunitas Java London bahwa sekarang tampak jelas bahwa sedikit jika ada kemajuan yang dibuat pada Java EE JSRs yang dipimpin Oracle. (Beberapa Oracle Spec Leads telah mengakui secara terbuka bahwa mereka tidak dapat menghabiskan waktu untuk JSR mereka, setelah diarahkan untuk bekerja di tempat lain.) Dia memperkirakan bahwa pekerjaan pada Java EE tampaknya telah berhenti sekitar bulan November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? )

Dia memperkirakan bahwa pekerjaan di Java EE tampaknya telah berhenti sekitar November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle telah mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang? ) Dia memperkirakan bahwa pekerjaan di Java EE tampaknya telah berhenti sekitar November 2015. ”Jadi, jelas ada kekhawatiran industri bahwa Oracle telah mundur dari keterlibatan dengan pengembangan JSR untuk Java EE8. Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *